Ia Hebat di Mataku

Ia Hebat Dimata Ku Aku tersadar dalam ketidak sadaranku yang mengacuhkan kegiatan dan kejadian yg terjadi disekitarku. Bahkan itu berkali – kali terjadi didekatku. Pernah nggak kamu merasa jijik jika kamu masuk ketoilet umum seperti toilet dimal – mal atau pasar? Nah…toilet itu pasti punya petugas kebersihan dooonk…!

Pernah nggak ngebayangin jika kamu yang diposisi petugas kebersihan itu, jadi “cleaning service”? pastinya kamu bakalan muntah – muntah dan kabur ngeliat kondisi toilet yang super duper jorok kan??? Nah…sadarkah kita kalau itu sebenarnya kesalahan kita sendiri.

Coba saja setiap orang punya kesadaran tentang kebersihan, pasti kita sama – sama nyaman menggunakan fasilitas umum. Dan sadarkah kita?? Betapa hebatnya orang – orang yang bekerja sebagai cleaning service itu. Mereka dengan ikhlas membersihkan sisa – sisa kotoran kita. Membuang sampah pembalut dan tissue – tissue yang sudah terkena ingus dan sebagainya. Yang lebih memprihatinkan ialah ketika wanita-wanita yang sedang haid (halangan) pasti memakai pembalut, dan tanpa disadari mereka membuang bekas pakai pembalut itu tanpa dibersihkan terlebih dahulu kotoran-kotoran darah itu.

Hmm…sadarkah kita kalau ada orang lain yang akan membersihkan tempat sampah dimana kita membuang pembalut itu. Pernahkah kita berfikiran akan hal itu??? Apalagi jika CSnya itu adalah seorang laki-laki. Aduuhhh……nggak bisa dech ngebayangin jika mereka melihat pemandangan super jorok itu.

Bagaimana perasaannya melihat seperti itu,? walaupun memang kewajiban dia untuk membersihkan namun kita yang diberi akal oleh Allah sebaiknya memikirkan perasaan orang lain juga, meringankan beban orang lain, dan membantu sebisa mungkin dengan hal-hal kecil apapun itu. Bukan berarti kita harus ikut membantu dia membersihkan toilet atau tempat sampah. Tetapi melakukan hal kecil seperti: menyiram toilet yang sudah kita pakai dengan bersih, membuang tissue ditempat yang sudah tersedia, dan membersihkan pembalut yang sudah dipakai sebelum dibuang ketempat sampah. Nggak ribet kan??? Dan nggak butuh waktu banyak melakukannya, dan nggak ada ruginya juga kita ngelakuin itu. Terkadang hal kecil itu mampu membuat perubahan yang besar, mempengaruhi system.

Kita cuek dengan hal – hal yang kecil, tetapi dibalik itu, ada kehebatan yang nggak terduga didalamnya. Alangkah baiknya jika kita bisa saling menjaga, saling mengingatkan, saling membantu dan saling menghargai. Apapun kebaikan yang kita lakukan itu nggak akan pernah sia-sia dimata Allah, bahkan Allah senantiasa melihat apa yang kita kerjakan. Bayangin aja kalau nggak ada CS (cleaning service), pasti sudut kota penuh dengan sampah dimana – mana. Toilet-toilet umum akan jorok dan berantakan oleh sampah-sampah. Kita pun nggak akan pernah nyaman melihat dan mencium bau-bau yang tak sedap mampir kehidung kita. Nggak bakalan betah tinggal dikota yang penuh dengan sampah.

Nah…sudah tersadarkah kita,? Ternyata dibalik pekerjaan yang kita sepelekan, yang kita pandang rendah dibandingkan dengan pekerjaan seperti: manager, sekretaris, buruh pabrik, spg, dll. Cleaning service itu lebih muliah dan lebih hebat dibandingkan dengan yang lain. Mereka membantu menjaga dan merawat lingkungan dan bumi menjadi lebih sehat dan lebih indah. Bukan berarti pekerjaan yang lain tidak bagus, tetapi pekerjaan yang selalu dianggap orang rendah dan tidak perlu sekolah tinggi-tinggi itu, tidak selamanya buruk dan tidak perlu dipandang sebelah mata. Bahkan seharusnya mereka diberi piagam penghargaan karena telah membantu merawat dan menjaga lingkungan agar tetap sehat.

Allahu Akbar… Subhanallah … Ada hikmah tersembunyi yang Allah berikan untuk kita. Disetiap peristiwa dan hal-hal kecil yang nggak sadar oleh manusia. Maka oleh karena itu, sebaiknya kita juga harus mempunyai sifat cleaning dalam diri kita, agar semuanya bisa terjaga rapih dan indah. Jangan mentang-mentang sudah ada petugas cleaning disetiap jalan, toilet, pasar, dan taman. Kita menjadi seenaknya membuang sampah, nggak menyiram toilet setelah digunakan, dan merusak fasilitas-fasilitas lainnya.

Jangan pernah berfikir “nanti kan ada yang ngebersihin” jadi kita seenaknya membuang sampah. Dan untuk wanita-wanita yang lagi haid, tolong dech…sebelum membuang pembalut, sebaiknya bersihkan dulu kotoran didalam pembalut itu, lalu sampah plastiknya dibuang ketempat sampah yang sudah disediakan petugas dengan rapi (napkin). Tanpa disadari juga, kita sudah melakukan sikap saling tolong-menolong antar sesama. Indah bukan? Yuppzz…ini juga berlaku untuk diri aku sendiri.

Cukup sekian.

Mari kita jaga bersama lingkungan kita agar tetap sehat dan indah. Dan menghargai setiap pekerjaan orang lain apapun itu. jangan pernah meremehkan orang lain jika dia posisinya dibawah kita.  & Terima kasih…


15 February 2015.

0 Response to "Ia Hebat di Mataku"

Post a Comment

silahkan memberikan masukan dan tanggapan yang sopan ya guys

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel