Hambatan dan Mengatasinya

Membahas tentang hambatan, bukanlah topik asing bagi kita, atau bukan hal yang baru dalam kehidupan. Hambatan akan selalu ada dalam semua bidang pekerjaan, passion, rumah tangga, dan dalam menanti jodoh (eh, tapi bukan ngebahas hambatan itu ya).

Bicara masalah hambatan, tentu setiap orang pernah mengalami dan merasakannya bukan? Apapun profesi kita. Nah, karena sekarang posisi aku sebagai penulis pemula, maka hambatan yang sering terjadi ialah kesulitan merangkai kata, sulit mencari ide, tiba-tiba kehilangan inspirasi, mood naik turun, dan sebagainya. Hambatan itu terasa sangat simple, hanya berkutat pada masalah pikiran. Tetapi bagiku, hambatan itu seperti batu krikil bagi penulis pemula sepertiku yang ingin memulai menorehkan sebuah karya.

Dan biasanya, jika terjadi hambatan; sulit merangkai kata, aku terus saja menulis apa yang terlintas di kepalaku. Aku menyampingkan aturan dalam EYD dan aturan kepenulisan yang baik dan benar. Jika sulit mencari ide, aku biasanya membaca tulisan-tulisan para penulis lain di Tumblr, Instagram, Fb, dan lain-lain. Lalu, jika tiba-tiba kehilangan inspirasi, maksudnya saat kita sudah menulis 2-3 halaman, tiba-tiba blank mau menulis apa. Nah, aku akan mengalihkan pikiranku sejenak, seperti membuka aplikasi Fb atau Instagram, atau ngemil dan minum. Selanjutnya mood tidak terkontrol dengan baik. Saat mood sedang baik, menulis akan mengalir dengan sendirinya. Tetapi jika mood sedang buruk, menulis adalah hal yang membosankan. Ya, begitulah jika seorang penulis moody. Maka, hal yang perlu dilakukan adalah tetap menulis saat moodnya baik, istirahat saat mood sedang buruk.

Itu caraku mengatasi hambatan yang kerap menghampiriku. Bagaimana dengan kalian? Tentu kalian juga memiliki trik-trik yang berbeda, sesuai dengan jenis hambatannya dan kemampuan masing-masing. 

Ya, semua orang tentu memiliki hambatan, dan semua pasti tahu bagaimana menyukapi hambatan tersebut. Aku yakin, Allah tidak akan memberikan masalah tanpa solusi. Menyuguhkan hambatan tanpa penyelesaian. Tetaplah semangat dalam berkarya, lewati saja apa yang menjadi penghalang, dan teruslah berdo’a menjadi kunci utama.




Selamat berjuang untuk kita semua.







Langkat, Rabu, 29 Nov 2017

Pukul 11.52

0 Response to "Hambatan dan Mengatasinya"

Post a Comment

silahkan memberikan masukan dan tanggapan yang sopan ya guys

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel