Target Karyaku

Siapa Target Pembaca Tulisanmu?

Kali ini, aku ditanya soal siapa target pembaca tulisanku. Pertanyaan yang awalnya belum pernah terlintas dipikiranku. Sebab, aku menulis karena aku ingin. Menulis karena aku ingin meluapkan apa yang ada di kepala dan hatiku. Dan baru sekarang, aku mendapat pertanyaan perihal ini. 

Saat aku menulis, aku memang tidak memikirkan siapa yang akan membaca tulisanku. Ya terserah, siapa saja yang mau membacanya, silahkan. Tetapi, setelah aku mengikuti ‘Grup Zona Menulis Daring’ diprakarsai oleh kak Lala, menjadikanku lebih memahami dunia kepenulisan.

Nah, sekarang aku dihadapkan oleh pertanyaan di atas, siapa target pembaca tulisanku. Maka, hal yang terlintas dipikiranku adalah anak remaja, tingkat SMP-SMA. Sebab, masa-masa remaja itu harus diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Salah satunya adalah dengan banyak membaca. Nah, oleh sebab itu mengapa aku ingin menulis dan merubah gaya tulisanku ke arah yang lebih baik dan bermanfaat bagi pembaca tulisan-tulisanku kelak. 

Anak-anak remaja adalah generasi penerus yang kelak akan memberikan perubahan di masa mendatang. Dan pada usia 13-17 tahun seperti mereka adalah masa-masa pubertas yang pasti akan di jalani oleh mereka. Oleh sebab itu, tulisan atau bacaan yang ingin saya suguhkan kepada mereka adalah sesuatu yang dapat memberikan manfaat kepada mereka. Memberikan saran dan nasihat tetapi tidak menggurui. Membuka pikiran mereka dengan hal-hal baru dan memberikan ajaran yang sesuai dengan pedoman hidup, yaitu Al-Qur’an dan Hadits.

Namun, semua itu tidak lah mudah bagi penulis pemula sepertiku. Menentukan gaya penyampaian juga hal yang sangat sulit. Terkadang, kata-kata yang ingin dirangkai terasa rumit, dan setelah menjadi kalimat atau paragraf, tulisanku terasa berbelit-belit. Entah lah. Proses menulis ini adalah tantangan bagiku. Dan aku beruntung, dapat bergabung di ‘Zona Menulis Daring’ ini, yang pada mulanya aku tidak sengaja berjalan-jalan di dunia maya (Tumblr), lalu aku melihat postingan salah satu akun yang aku following, karena ketertarikanku dalam dunia kepenulisan sedikit meningkat, maka aku langsung meng-invite kontak yang tertera di sana.

Terimakasi atas ilmunya “Zona Menulis Daring.”




Tugas 4







Langkat, 26 Nov 2017

Pukul: 18.09

1 Response to "Target Karyaku"

silahkan memberikan masukan dan tanggapan yang sopan ya guys

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel