Lakukan Hal Ini, Maka Kamu Akan Melakukakn Perubahan Besar. Yuk Lihat!


K E B E R S I H A N adalah sebagian dari I M A N

Mengapa kita tidak pernah nyaman saat menggunakan fasilitas umum seperti toilet?
Pernah tidak kamu merasa jijik, jika kamu masuk ke toilet umum yang ada di mall, tempat kerja, pasar atau tempat umum lainnya. Mencium aroma yang tidak sedap karena tidak disiram, sampah tissue berantakan, bahkan ada yang membuang pembalut tanpa membersihkannya terlebih dahulu.

Nah, sadarkah kita kalau itu sebenarnya kesalahan kita sendiri. Coba saja setiap orang punya kesadaran akan kebersihan, pasti kita akan sama – sama nyaman menggunakan fasilitas umum yang telah disediakan.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar rasa nyaman itu dapat kita nikmati bersama? Atau tanyakanlah terlebih dahulu pada diri sendiri, apakah ada yang salah dengan akhlak dan pola pikir kita?
Sudah selayaknya kita mulai sejak sekarang, belajar untuk saling menjaga lingkungan dan fasilitas umum yang ada. Agar orang lain tidak merasakan dampak atas perbuatan atau kebiasaan buruk kita.
Lalu, bagaimana caranya?

Lakukanlah hal sederhana di bawah ini, maka kita akan melakukan perubahan besar:
·       Jangan Lupa Menyiram
Biasakanlah menyiram toilet yang sudah kita gunakan dengan air sebersih mungkin. Tanamkan pikiran bahwa akan ada orang lain yang akan menggunakan toilet itu setelah kita.
·       Belajar Mencintai Lingkungan
Mulailah membiasakan membuang sampah apapun pada tempat yang sudah disediakan, jika tidak menemukan tempat sampah, simpanlah atau masukkanlah ke dalam tas atau saku terlebih dahulu, hingga kita menemukan tempat sampah berikutnya.
·       Ubahlah mindset
"Nantikan ada yang membersihkan.” Jangan pernah berpikir seperti itu. Kita tahu, setiap tempat umum ada petugas kebersihannya. Bukan berarti kita jadi seenaknya membuang sampah dengan sembarangan kan?  
·       Bayangkan Jika Kita di Posisinya
Ini akan membantu kita agar lebih menghargai orang lain dan tidak bersikap seenaknya. Bayangkan jika kita menjadi seorang cleaning service, kemudian ada orang lain membuang sampah seenaknya, tidak menyiram toilet, membuang sampah tissue di dalam kloset dan lain sebagainya. Nah, bagaimana persaan kita jika melihat seperti itu? Maka, begitulah perasaan petugas tersebut jika kita melakukan hal itu.

Itulah beberapa hal yang mudah dan tidak membutuhkan waktu banyak untuk melakukannya serta tidak ada ruginya juga kita melakukan itu.

Alangkah baiknya jika kita bisa saling menjaga, saling mengingatkan, saling membantu dan saling menghargai. Apapun kebaikan yang kita lakukan itu tidak akan pernah sia-sia di mata Allah, bahkan Allah senantiasa melihat apa yang kita kerjakan.

Yuppzz…ini juga berlaku untuk diri saya sendiri. Mari kita jaga bersama lingkungan kita agar tetap sehat dan indah. Dan menghargai setiap pekerjaan orang lain apapun itu.




Revisi
Langkat, 11 Desember 2017
Langkat, 18 January 2017

0 Response to "Lakukan Hal Ini, Maka Kamu Akan Melakukakn Perubahan Besar. Yuk Lihat!"

Post a Comment

silahkan beri masukan dan tambahan untuk saling berbagi kebaikan.
Jazakumullah khair...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel