CARA AGAR TERHINDAR DARI PACARAN



Hai dears.... ubah mindset yuk!!!

Kamu sedang menanti jodoh dengan menjalin hubungan yang tidak halal (pacaran)?
Tidak Boleh!!!

Siapa sih, yang tidak memiliki rasa ketertarikan pada lawan jenis. Dan tidak ada orang yang menginginkan kejombloan abadi dalam hidupnya. Hal demikian sudah menjadi rancangan Allah; memiliki rasa suka/ cinta pada lawan jenis, ingin punya pasangan dan ingin diperhatikan serta disayang.

Wajar kok.!


Allah berfirman dalam surat Ali- Imran: 14, yang artinya; “Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perembpuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas, perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik.”


Jadi, Allah menciptakan manusia sepaket dengan rasa cinta, juga cara untuk mengendalikannya. Agar cinta yang tumbuh itu tidak mengarah pada hal-hal yang dilarang menurut Allah. Contohnya pacaran.

Kenapa pacaran dilarang?
Sebenarnya yang dilarang itu perbuatan di dalam pacaran itu. kita semua tentu sudah tahu, bahwa aktivitas pacaran itu pasti ada yang namanya, pegangan tangan, belaian, pelukan, chatting dan telponan (video call) dengan manja-manjaan, dan sebagainya. Dari aktivitas kesemua itu salah jika tidak ada ikatan ijab qabul (pernikahan). Sebab di dalam Islam, ikatan halal antara lawan jenis hanyalah dengan menikah. Jadi kalau belum ada ijab qabul antara kamu dan si doi itu namanya pacaran. dan aktivitas itu yang dilarang oleh Allah.

Namun, ada cara yang telah Allah tetapkan untuk kita. Ada aturan dan larang yang sudah Allah jelaskan dalam Al-qur’an agar kita tidak melampaui batas.
 
pixabay.com
Berikut cara menjaga diri agar terhindar dari aktivitas pacaran;

  • NIATKAN KARENA ALLAH.

Tanamkan dalam hati dan pikiran, bahwa azab atau balasan Allah sangat pedih. Takutlah melakukan dosa karena Allah dan berdoalah kepadaNya untuk melindungi hati dan fisik dari zina tersebut.


  • CARI KEGIATAN POSITIF.

Aktif berorganisasi memang membuat kita dikenali dan mengenali banyak orang. Tidak hanya sesama jenis atau seangkatan, bahkan beraneka ragam. Dan justru pintu-pintu itulah yang mengakibatkan banyaknya cinlok cinta lokasi antar sesama aktivis.  Nah, balik lagi ke point pertama, luruskan niat. Jadi, balik lagi niat kamu berorganisasi itu untuk apa? Kalau untuk menambah wawasan maka kesampingkan dulu lirikan mata dan hati pada ikhwan/ akhwat di sekeliling kamu, ya. Jadikan organisasi itu sebagai wadah pembentukan karakter kamu atau pemicu motivasi belajar kamu.


  • DEKAT DENGAN ALLAH SWT.

Sehebat apapun kita, sepintar apapun kita, posisi Allah tidak akan bisa tergantikan oleh teknologi secanggih apapun. Mendekatkan diri pada Sang Pemilik Alam Semesta ini adalah kunci kesuksesan kamu meraih segalanya. Perbaiki hubungan kamu dengan Pemilik Jagat Raya, maka Allah akan memperbaiki kehidupanmu di dunia.


  • IKUT KAJIAN.

 Teknologi memang semakin berkembang. Layanan internet pun semakin meluas, ingin bertanya hal apapun bisa melalui google atau youtube. Bahkan jika ingin mendengarkan tausiah, bisa lihat youtube di atas kasur. Namun ketahui lah, bahwa keberkahan mendengarkan secara langsung itu lebih banyak pahalanya dan keutamaannya dibandingkan melihat secara tak langsung. Akan tetapi, jika keadaan tidak memungkinkan, maka itu sebagai alternative.


  • CARI TEMAN YANG SHOLIH/ SHOLEHA.

Sudah tahu lah ya, kalau teman itu memberikan dampak yang sangat signifikan. Teman akan meberikan warna pada diri kita, jadi jika kita berteman dengan yang kurang baik, maka kita akan ketularan demikian, begitupun sebaliknya. Namun jika kita berada diposisi sebagai teman baginya, maka jadilah teman yang baik dan memberikan warna kebaikan untuknya. Dan perlu diingat, jangan  berteman dengan lawan jenis jika tidak ada keperluan yang dibolehkan menurut Islam (sekedarnya).


  • HINDARI LINGKUNGAN YANG TIDAK KONDUSIF.

Lingkungan adalah dampak kedua yang akan mempengaruhi karakter kita. Namun jangan khawatir, jika kita sudah kokoh dengan ilmu yang kita pelajari, kedekatan kepada Allah terjalin dengan baik, dan teman-teman yang memberi dampak positif, maka lingkungan dapat kita taklukkan. Perkokohlah diri dengan iman dan taqwa.

Nah, sekian dulu sharing yang saya berikan di sini, ya....

Oya, sering-sering baca Al-qur’an dan maknanya. Dan ingatlah bahwa di dalam kitab suci Al-Qur'an melarang pacaran sebab "mendekati zina”. 

Qs. Al-Isra: 32 yang artinya, "Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan keji. Dan suatu jalan yang buruk."

Jadi, jika kamu beriman pada Allah, Rasul-RasulNya, Kitab-KitabNya, Malaikat, Hari kiamat, Qodho dan QodharNya, maka jauhilah hal itu.

Kamu tidak akan rugi sedikitpun dan tidak akan meresa menyesal untuk hal tersebut.


YAKINLAH....!!! ALLAH MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK HAMBA-HAMBANYA.




21 APRIL 2019
PENANG, BANDAR CASSIA


1 Response to "CARA AGAR TERHINDAR DARI PACARAN"

silahkan beri masukan dan tambahan untuk saling berbagi kebaikan.
Jazakumullah khair...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel