CARA MELAKUKAN SKINCARE BAGI PEMULA

Merawat kulit adalah satu hal penting bagi wanita. Di dalam Islam juga tidak melarang jika ingin merawat kulit, terutama pada bagian wajah. Namun bukan berarti merawat kulit dengan cara operasi, ya dears....


Merawat boleh, asal tidak merubah ciptaanNya. Contohnya operasi plastic, sulam bibir, menambah bulu mata, sulam alis, dan lain sebagainya.

Islam tidak melarang kaum wanita untuk berhias dan tampil cantik, namun yang perlu diperhatikan ialah berhiasnya wanita hanya kepada suaminya saja, dan jika ingin keluar rumah tidak boleh bertabaruj (berdandan berlebihan).


Dalam dunia para wanita, produk-produk kosmetik dan skincare adalah satu di antara banyaknya hobi yang menguras dompet suami, selain hobi membeli baju, sepatu dan tas.

Banyaknya produk-produk kecantikan yang ditawarkan kepada konsumen, menjadikan kita harus selektif memilih bahan apa yang cocok untuk kulit. Dan setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, maka efek dan hasilnya pun akan berbeda-beda pula.

Nah, untuk kamu yang berkulit kering, maka jangan pakai produk untuk kulit berminyak. Begitupun sebaliknya. Maka langkah yang harus kamu ketahui adalah kenali jenis kulitmu terlebih dahulu. Lalu kemudian cari produk yang sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit yang kamu butuhkan.

Bagi kamu yang baru memulai ingin merawat kulit wajah kamu, maka lakukanlah tahap-tahap skincare rutin sebelum tidur, seperti langkah-langkah di bawah ini;

  1. DOUBLE CLEANSING. Gunakan milk cleanser, facial wash, scrub, creamy foam dsb. Kamu harus membiasakan cuci wajah sebelum menggunakan produk apapun. Karena kebersihan itu wajib hukumnya. 
  2. EXFOLIATING. Ini bisa di skip, karena sama dengan toner, cuma beda kandungan dan fungsinya saja, kalau exfoliating ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, jadi menggunakannya jangan sering-sering, kalau tidak ingin kulit kamu kering.
  3. TONER. Setelah melakukan pembersihan, kamu harus memakai toner. Fungsinya ialah untuk mempersiapkan kulit kamu ke step-step berikutnya, ada yang bilang toner itu untuk membuka pori-pori kulit wajah agar kandungan produk lain dapat terserap maksimal. 
  4. ESSENCE. Bagian ini boleh di skip. Tapi jika ingin maksimal maka disarankan untuk menggunakan ini. Sebab essence ini akan memberikan kelembaban pada kulit wajah yang kering. 
  5. SERUM. Tahap ini wajib, dan tidak boleh terlewatkan. Menurut saya serum itu sangat berpengaruh bagi kamu yang memiliki kulit kering. Karena efeknya ialah untuk memberikan kelembaban dan kekenyalan kulit.
  6. SHEET MASK. Setelah pengaplikasian kelima tahapan di atas. Sheet mask berfungsi untuk mengunci semua kandungan-kandungan yang telah kita pakai sebelum tahapan masker ini. Gunakan sheetmask seminggu 2 kali atau lebih sesuai kebutuhan kamu selama 10-15 menit. 
  7. EYE CREAM. Tahap ini membantu mengurangi lingkar hitam dan wrinkle pada area sekitar mata. Karena area pada sekitar mata adalah bagian kulit yang sangat cepat berubah.
  8. MOISTURIZER. Ini berfungsi untuk memberikan kelembaban dan kecerahan pada kulit wajah kamu.
  9. NIGHT CREAM. Efek yang sangat membantu adalah tahap ini. Karena saat tidur kulit sangat cepat untuk menyerap nutrisi-nutrisi pada produk yang kita gunakan. Nah, night cream ini biasanya mengandung pencerah. Sehingga kamu yang ingin memiliki kulit putih bersinar, sering-seringlah menggunakan night cream.

Nah, sampai disini dulu tahapannya. Sebenarnya ada 10 step tapi karena saya tidak menggunakan make up jadi saya tidak mencantumkan pada step pertama yaitu make up removal. Jadi kalau kamu yang suka ber-make up, bersihkan terlebih dahulu make up nya ya....

Menurut saya, alangkah baiknya jika kita memilih produk kulit wajah  yang sudah ada lebel halalnya dan sudah banyak dipakai oleh orang lain. Dan saran saya, lebih baik melakukan skincare rutin dibandingkan dengan ber-makeup.

Apa bedanya make up dan skincare?
Kalau make up kita hanya menempelkan produk-produk kosmetik, menambal atau memanipulasi kerusakan-kerusakan pada wajah kita, seperti bekas jerawat. Sedangkan skincare ialah membantu menjaga kelembaban kulit, menghilangkan masalah kulit wajah dan memberikan nutrisi alami pada kulit wajah, sehingga memperlambat penuan dini.

Gitu dears..... jadi kalau menggunakan skincare itu dibolehkan dalam islam karena pada dasarnya hanya melakukan perawatan dan penjagaan, sedangkan make up mempercantik dan membohongi public dengan kepiawaian personal itu sendiri mengaplikasikan pada wajahnya.

Semoga bermanfaat dan mencoba....
Oh, ya... untuk permulaan melakukan skincare ini akan terasa sulit dan malas dengan step-step yang begitu banyak serta menguras kantong. Jadi jika mau di skip untuk beberapa item boleh kok.

Kamu cukup menggunakan tahap 1-3-5-dst.... 



Pulau Penang, 01 Mei 2019

0 Response to "CARA MELAKUKAN SKINCARE BAGI PEMULA"

Post a Comment

silahkan beri masukan dan tambahan untuk saling berbagi kebaikan.
Jazakumullah khair...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel