5 PERSIAPAN BAGI KAUM MUSAFIR YANG WAJIB DIKETAHUI

Merantau atau mandah ialah berpindah dari satu kota ke kota lain. Bisa juga berpindah dari Negara ke Negara lain dalam jangka waktu yang cukup lama (dalam hitungan tahun). Dengan atau tanpa keluarga bersama.

Merantau bukan hanya mencari pekerjaan saja, mencari ilmu juga bisa kamu lakukan. Dan bahkan bisa seiring berjalan.

Menjadi anak perantau adalah suatu hal yang menyenangkan juga sekaligus menyedihkan. Hal menyenangkan ialah bertemu dengan orang baru, dunia baru, dapat pengalaman baru dan lain sebagainya. Sedangkan hal yang menyedihkan adalah berpisah dengan keluarga dan saudara. Terkadang harus tinggal sebatang kara di tanah asing. Juga harus bisa menyesuaikan diri dengan kodisi lingkungan baru.

Sebagai anak perantau, juga akan selalu mengalami perubahan gaya hidup atau kegiatan. Berpindah dan menetap dalam waktu yang cukup lama, memberikan pengalaman dan aktivitas baru serta butuh penyesuaian kondisi lingkuan sekitar.

Hal-hal yang akan kamu rasakan sebelumnya akan menjadi kenangan dan pengalaman dikemudian hari. Maka bijaklah melangkah ketika kamu telah berada ditempat baru.

Merantau, atau kata lain pengembara merupakan keputusan yang sangat sulit. Terlebih bagi mereka yang baru pertama kali ingin melakukannya. Dan jika kamu ingin mengembara, sebaiknya lakukan persiapan matang terlebih dahulu, agar fisik dan mental tidak terkejut dan mudah beradaptasi nantinya.

Berikut beberapa persiapan yang mungkin sedikit membantu;
  • Minta Restu Orang Tua
Bagaimana pun orang tua berhak tahu kemana kamu akan pergi dan seperti apa kegiatan yang akan kamu jalani di sana nanti. Minta lah izin orang tua agar segala urusan kamu dipermudah oleh Allah, sebab Ridho Allah terletak pada Ridho orang tuamu.
  • Luruskan Niat
Hadits mengatakan, amal perbuatan itu tergantung niat. Jadi kamu berniat baik dalam pengembaraan kamu, tentu Allah akan melindungimu dari segala ancaman. Namun ketika kamu berniat buruk saat di tanah rantau kelak, maka Allah pun akan menggiring langkahmu ke hal-hal yang telah kamu niatkan.  
  • Pilih Teman Dan Lingkungan
Bijaklah menentukan sikap dan peganglah perinsip baik sekuat-kuatnya. Agar tidak terjerumus ke pergaulan yang salah.
  • Be Your Self
Boleh berubah tapi tentu kearah yang lebih baik, namun tidak meninggalkan jati dirimu yang sebenarnya. Ikuti langkah hati kecilmu.  
  • Kontrol Keuangan
Jangan lupa menyisihkan uang untuk ditabung, sebab kamu tidak selamanya berada disana atau pekerjaan kamu tidak abadi. Persiapkan uang tabungan yang cukup untuk bekal balik kampung dan tentunya orang tua juga perlu kamu nafkahi.
  • Cari Ilmu Bermanfaat Dan Menebarkan Kebaikan
Buatlah hari-harimu bermanfaat. Tak hanya itu-itu saja yang kamu dapatkan selama bertahun-tahun di tempat asing. Carilah hal yang membuatmu bertambah ilmu pengetahuan dan meninggalkan kebaikan di lingkungan pertemananmu. Agar kelak kamu akan mendapatkan pahala jariyah.


Baiklah...itu dulu ya sharing kali ini....

Semoga bermanfaat, dan jika ada tambahan mengenai hal di atas, boleh beri komen di kolom komentar ya dears....
Hal terpenting saat kamu berada di tanah rantau ialah terus mendekat kepada Allah, bergantunglah pada-Nya dan minta pertolongan apapun pada-Nya. Karena kejadian apa pun bisa terjadi tiba-tiba baik dan buruknya juga ketetapan-Nya.
Menjadi seorang perantau atau musafir, kamu akan meresakan Kasih Sayang Allah yang tidak akan kamu sangka-sangka dan terbayangkan oleh imajinasimu. Kamu akan mengalami skenario kehidupan yang sangat luar biasa. Percayalah....!!!



Langkat, 28-7-2019

0 Response to "5 PERSIAPAN BAGI KAUM MUSAFIR YANG WAJIB DIKETAHUI "

Post a Comment

silahkan beri masukan dan tambahan untuk saling berbagi kebaikan.
Jazakumullah khair...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel