TIPS UNTUK MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI ORANG SIBUK

Banyak di antara kita yang selalu mengeluh masalah waktu. Kegiatan menumpuk dari hari senin hingga ahad, rasanya waktu 24 jam dalam sehari juga sangat kurang.

Bagi sebagian mereka yang merasa kekurangan jam/ waktu dalam kehidupannya, maka cobalah untuk bercermin ke dalam diri sendiri. Apakah pola yang kita jalani sudah tepat atau belum.

Memang masalah waktu adalah masalah yang selalu membelit kebanyakan orang. Banyak pula yang melalaikan waktunya dengan hal-hal yang kurang bermanfaat, ada juga yang tidak sadar bahwa waktunya telah terbuang sia-sia. 

Di dalam Al-qur’an Allah telah banyak membicarakan masalah waktu. Seperti; Surah Adh-Dhuha (Waktu dhuha), Al-‘Ashr (Masa), Al-Fajr (Fajar) dan masih banyak lagi. Ada surah yang menerangkan malam, siang, dan hari pembalasan. Bukankah semua itu adalah termasuk waktu.

Waktu yang sejatinya akan terus bergerak tanpa pernah lelah dan terulang bagi siapa saja yang telah melalaikannya. Maka banyak juga di antara kita yang sulit untuk mengatur pola hidup dan mengatur waktu dengan baik.

Masalah waktu memang terlihat kecil, namun sebenarnya ia merupakan masalah besar. Lihatlah, berapa banyak orang-orang dewasa menjadikan waktu sebagai alasan atas kelalaiannya atau ketidakmampuannya.

Contohnya saja, menghafal Al-qur’an, tilawah, atau mentadaburri. Pun selalu menjadikan waktu sebagai kambing hitam atas ketidakmauannya sendiri. Bukan tidak ada waktu untuk itu, bukan pula terlalu sibuk untuk itu, melainkan karena kita tidak mau berusaha keras meluangkan sedikit waktu untuk bersama dengan Al-qur’an, sehingga mengkambing hitamkan waktu menjadi alasannya.

Semoga kita terhindar dari sibuknya urusan dunia, dan semoga Allah melindungi kita dan menjadikan kita orang-orang yang dapat mengelola waktu dengan baik.

Nah, untuk memulai manajemen waktu kita. Saya akan memberikan sedikit tips untuk kalian yang memiliki segudang aktivitas, agar tetap bisa menghafal Al-qur’an dan tilawah.

Bagi kalian yang sibuk, dan tidak mungkin masuk ke pondok tahfidz. Namun keinginan untuk menghafal Al-qur’an itu ada. Maka tidak perlu berkecil hati. Lakukan langkah-langkah berikut ini;
  • NIAT
Lakukan semua dengan niat yang tulus karena Allah, bukan yang lain. Insya Allah niat yang baik akan selalu dipermudah dan ditolong oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
  • BANGUN AWAL
Bangun diawal waktu merupakan salah satu langkah yang harus kamu kerjakan. Biasakan bangun untuk sholat tahajjud, bisa pukul 03.00/ 04.00 pagi. Dan setelah sholat, bukalah Al-qu’an untuk memulai hafalan.
  • SEDIKIT DEMI SEDIKIT
Tak perlu langsung satu halaman atau satu juz. Kamu bisa memulai menghafalnya 2-3 baris per hari. Jika kamu rasa mampu lebih banyak, itu lebih bagus. Lakukan penghafalan setelah sholat tahajjud sampai kamu benar-benar mengingatnya.
  • SETORKAN HAFALAN
Karena kita belajar sendiri di rumah. Maka ayat yang sudah kamu hafal, kamu setorkan saat sholat subuh dan sholat-sholat lainnya. Dalam setiap sholat kamu harus menggunakan ayat yang telah kamu hafal tadi hingga sholat isya (dalam 1 hari).
  • SHOLAT DHUHA
Jika kamu tidak sibuk (libur) kamu bisa merubah ritmenya; selesai sholat tahajjud kamu jadikan waktu untuk muroja’ah (mengulang hafalan). Lalu setelah subuh, kamu bisa menambah hafalan baru kembali. Dan saat dhuha, kamu bisa memakai ayat yang telah kamu hafal, kamu baca hingga sholat isya.
  • RUTIN
Untuk waktu-waktu yang lain, selesai sholat maghrib atau yang lainnya. Kamu bisa tiwalah. Sering-seringlah tilawah agar lisan kamu terbiasa dengan ayat-ayat tersebut, dan menjadi lebih mudah ketika proses penghafalan.
 
 
Demikianlah solusi yang bisa kita lakukan ketika merasa waktu yang dimiliki tidak cukup untuk membersamai Al-qur’an. Dan tahap-tahap itu juga saya lakukan, meskipun terkadang bolong-bolong, Insya Allah masih berlangsung sedikit demi sedikit.

Oh ya, untuk muroja’ah hafalan, kamu bisa cari teman, kakak, atau adik di rumah agar bacaan kita lebih sempurna (tidak tertinggal baris atau hukum tajwidnya), atau kamu bisa menggunakan perekam suara (video), jika sudah selesai merekam, kamu bisa memutarnya kembali dan kamu lihat Al-qur’an untuk memeriksa bacaan kamu sendiri.



Semoga bermanfaat ya dears.....



Tanjung Pura,

5 Agustus 2019

0 Response to "TIPS UNTUK MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI ORANG SIBUK "

Post a Comment

silahkan beri masukan dan tambahan untuk saling berbagi kebaikan.
Jazakumullah khair...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel